Pages

Blog Archive

Tuesday 18 February 2014

Upgrade Sony Xperia Go ke Jelly Bean Terbaru

Cara Upgrade Sony Xperia Go ke JB



Assalamu’alaikum
Hai, pada saat memilih jenis smartphone android (Sony seri ST 27i alias si Xperia GO yang tahan air)  belum lama lalu, sang pramuniaga/penjaga counter hpnya sudah menginformasikan bahwa OS bawaan dari Xperia Go ini adalah masih GingerBread/versi 2.3.7 dan dijanjikan akan diupgrade ke Android terbaru yaitu Ice Cream Sandwich tetapi yang sekarang paling update Sony sudah menyediakan Jelly Bean yang pasti lebih keren dan up to date.

Alhasil setelah baru beberapa hari mencoba mengeksplorasi Android bawaan yaitu GingerBread (yang mana sudah cukup bagus dan canggih menurut asumsi saya pribadi) tapi lama kelamaan makin penasaran juga seperti apa dan dimana letak bedanya dengan OS Android yang lebih anyar yaitu Ice Cream Sandwich, tetapi setelah direnungkan saya lebih memilik untuk mengupgrade ke OS Jelly Bean dari pada Ice Cream Sandwich karna interface antara GigerBread dan Ice Cream Sandwich tidak jauh berbeda.
Ini screen shoot Sony Xperia GO yang masih OS GigerBread, ngambil dari blog tetangga coz lupa yang punya sendiri gak di screen shoot dahulu..
Hhehe


Singkat cerita, iseng2 download ke PC, software “PC Companion” untuk smartphone sony di website resmi Sony :
http://www.sonymobile.com
atau saat menghubungkan HP pada mode USB pilih install PC Companion, "harus ada koneksi internet" dan setelah complete Download, langsung aja saya sambungkan Handset Xperia Go saya ke PC melalui kabel data USB bawaan ( yang berfungsi untuk kabel charger juga ) tinggal dicopot saja chargernya.
nah sesaat setelah disambungkan, pada box PC Companion tersebut langsung muncul notifikasi/pemberitahuan bahwa sudah tersedia Software/perangkat lunak terbaru untuk Xperia Go dan dikasih pilihan apakah ingin Update atau dilewatkan dulu.

setelah sempat ragu beberapa saat karna lihat teman di kampus upgrade OS tapi sempet gagal dan beberapa fungsi dari HP tidak berfungsi tapi karna penasaran, akhirnya saya putuskan untuk langsung Upgrade dengan resiko garansi hilang
Langsung klik deh “Update” ( saat itu hari rabu sekitar jam 1 dini hari )
Kenapa jam segitu???
Karna jam-jam segitu koneksi internet jarang ada yang pake jadi bisa ngebut downloadnya,
Juga pastikan listrik stabil karna klo sampe mati di tengah-tengah proses update maka HP akan mati total/hang, klo yang update pake laptop disarankan jangan dicabut batrenya..

Ada 4 tahapan yang harus kita lalui di sini,
1. Start,
2.Prepare,
3.Update, dan
4.Finish.
nah yang lama dan bikin deg2an itu di tahapan yang no.2 dan 3. dan yang paling makan waktu lama itu tahap no.2 karena PC kita sedang menarik data OS terbaru dari internet ke memori PC setelah sebelumnya PC membuat back up data smartphone kita terlebih dahulu.

Proses prepare beres sekitar 1 jam dan proses update hanya memakan waktu sekitar 30 menit.
HP akan mereboot sendiri, dan tunggu sekitar 15 menit untuk melihan OS baru yang telah terupdate ke Jelly Been..


Fitur tambahan dari Sony saat sudah update ke Jelly Bean  yang tidak ada di GigerBread yaitu :
  1. Walkman
  2. Sony Select
  3. Wisepilot for Xperia
  4. Xperia Link
  5. EA Games
  6. Power Management
  7. Album Foto      


Selamat menikmati OS baru Jelly Bean di Sony Xperia Go..

1 comments:

 

Blog Archive

Blogroll

About